Film Barat

[Review] Ghost Stories

Sinopsis

Film ditulis dan disutradarai oleh Andy Nyman dan Jeremy Dyson, dan uniknya Nyman bermain pula sebagai tokoh utama dalam versi teater dan adaptasi filmnya. Film produksi Inggris ini, dibintangi pula oleh Martin Freeman, Paul Whitehouse, dan Alex Lawther. Seiring waktu profesor Goodman bertemu dengan sosok cenayang bernama Charles Cameron. Lalu, Cameron memberikan file berisi tiga kasus mengerikan untuk diselidiki oleh Goodman.

Goodman pun segera mendatangi alamat yang diberikan oleh Cameron, dan menemukan bahwa idolanya tersebut ternyata masih hidup, walaupun sudah sangat tua dan sakit. Pada Goodman, Cameron menyatakan bahwa apa yang ia percaya selama ini ternyata salah. Mendengar pernyataannya tersebut, Goodman pikir Cameron sudah tua dan tidak waras lagi, hingga Cameron memberikan setumpuk map berisi three kasus terakhirnya yang tak pernah ia bisa ia pecahkan pada Goodman. Cameron memohon pada Goodman untuk melakukan investigasi dan mencari kebenaran pada tiga kasus tersebut. Berbeda dengan tiga cerita di atas yang menampilkan suasana gelap, cerita keempat ini nampak seperti bukan movie bergenre horor.

Film

Kasus pertama, seorang penjaga malam, Tony Matthews (Paul Whitehouse) yang dihantui ketika sedang berpatroli di rumah sakit jiwa yang ditinggalkan. Suatu hari, Goodman mendapatkan paket berisi kaset video dari seorang cenayang senior. Meskipun keempat cerita Ghost Stories tidak saling berhubungan satu sama lain, namun seluruh cerita ditampilkan secara utuh walaupun dengan akhir cerita yang dibiarkan menggantung. Film authentic Netflix ini merupakan film antologi yang terdiri dari empat cerita pendek. Film-film arthouse sebenarnya bukan tipikal film yang saya butuhkan untuk menghibur saya, sehingga untuk nonton ini saya mempersiapkan diri supaya ga ngantuk di tengah film.

Inception ( (four,5/ Review & Penjelasan

Kasus ketiga melibatkan seorang pengusaha milyuner bernama Mike Priddle. Saat ditemui oleh Goodman, Mike sedang bersiap untuk pergi berburu dengan sebuah senapan. Kisah Mike bermula saat suatu malam Mike sedang berada di rumah mewahnya sendirian. Mike dan istrinya sudah menyiapkan satu kamar khusus untuk calon bayi mereka.

Suatu malam, mereka mendengar suara piano yang keras, tetapi mereka tidak dapat menemukan penyebab kerasnya piano tersebut. Beberapa waktu kemudian, C meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di luar rumahnya.

Kalaupun bisa tayang secara komersil di bioskop pasti akan telat, tidak berbarengan dengan waktu rilis disana dan cukup disayangkan keburu rilis versi Blu-Ray atau DVDnya. Goodman berupaya mengungkap ketiga kasus tersebut dan menjelaskannya secara saintifik. Akan tetapi, dalam prosesnya dia justru yang mengalami hal-hal misterius dan merasakan sendiri hal-hal gaib yang tak dipercayainya. Suatu ketika, dia bertemu dengan seorang cenayan bernama Charles Cameron (diperankan Leonard Byrne) yang dilaporkan telah menghilang selama 20 tahun.

Sekilas film ini adalah sebuah antologi/omnibus karena ada 3 cerita yang berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Namun ternyata di akhir movie, tersimpan sebuah twist yang dirangkai dengan cukup baik, sehingga tercipta suatu kesinambungan. Pada cerita pertama tentang seorang satpam Tony Matthews (Paul Whitehouse) yang istrinya meninggal dunia karena kanker dan dia merasa bersalah karena sudah tidak lagi menjenguk anaknya yang menderita locked-in syndrome.

Berjalan ke atap, ia melihat pemandangan kota yang sangat besar dan futuristik di mana lingkungannya pernah ada. Hantu C segera pergi ke sudut dan mulai memilah-milah bagian cat, tetapi karena ia melakukannya hanya beberapa menit, pendatang baru yang adalah seorang ibu dengan putra dan putrinya masuk ke dalam rumah. Saat hantu C melewati rumah, ia mengawasi mereka selama berbulan-bulan, melihat mereka makan malam, les piano dan merayakan Natal. Suatu malam, hantu C membuat kehadirannya diketahui oleh anak-anak dengan masuk ke dalam lemari mereka dan membukanya. Meski kelihatannya si anak perempuan itu tidak bisa melihatnya, anak lelaki itu bisa.

secara misterius, Cameron berada dihadapan Goodman dengan yakin hal yang berbeda. Goodman yang mendengar pernyataan idolanya berikut merasa kecewa dan tetap bersikeras yakin bahwa dunia supranatural tak ada. Memandang sikap Goodman yang bergitu yakin dapat teorinya, Cameron menantangnya untuk menyelidiki tiga kasus tidak sama yang belum mampu teratasi olehnya. Review Film Ghost Stories, Tahun 1979 seorang Profesor Phillip Goodman (Andy Nyman) keturunan Yahudi ialah seseorang yang skeptis terhadap hal-hal gaib. Melainkan ia memulai sebuah petualangan penuh teror yang mengerikan kala ia patut menyelesaikan kasus berasal dari sebuah file yang telah lama hilang.

Karena tetap bertahan dengan pendapatnya, Goodman lantas menerima file berisi tiga kasus mengerikan dari Cameron untuk diselidiki. Namun, ia mulai ragu ketika bertemu dengan sosok cenayang senior bernama Charles Cameron yang sudah menghilang selama 20 tahun.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button