Film Indonesia

Review Film ‘Imperfect

FIlm Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan

Soalnya, selain teknis yang rumit, seperti transformasi Jessica Mila, juga butuh ketelitian dalam menyampaikan cerita. Film yang skenarionya digarap oleh Ernest dan Meira ini berhasil menyampaikan isu berat jadi ringan dan hangat. Bisa dibilang, film ini bukan hanya menghibur, tapi juga utuh dengan pesan kaya dan apik. Meski demikian, Rara memiliki orang-orang yang sayang bagaimanapun keadaannya.

Seperti karya-karya Ernest sebelumnya, movie ini menyuguhkan cerita tentang isu sosial yang beredar di kehidupan kita saat ini yakni physique shaming dan cyber bullying. Sebenarnya, tidak ada yang begitu istimewa dari pengambilan gambar untuk movie ini, selain dari ceritanya sendiri yang kaya makna.

FIlm Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan

Karena akan diangkat ke layar lebar, kami merasa harus mengubah ceritanya agar menjadi lebih relateable lagi. Jadi, kami mengambil garis besar atau spirit dari buku seperti insecurity, penerimaan diri, self-love, #bodygoals dan body shaming yang sering terjadi baik di dunia nyata maupun media sosial. Perempuan 27 tahun itu ingin para perempuan menyadari bahwa tidak perlu mencemaskan penilaian orang lain.

Selain harus menaikkan berat tubuhnya hingga 10 kilogram, Mila harus melewati proses make-up selama dua jam setiap hari untuk menghadirkan sosok Rara seperti di film. Kata Rara, sosok Rara yang tak sempurna , ia ciptakan untuk menjadi potret keseharian para perempuan yang sering dihinggapi perasaan ‘tidak cukup’ dan belum tahu bagaimana memulai untuk sayang dengan diri sendiri. Sejak kecil, ia selalu dihadapkan pada komparasi dengan ibu dan adiknya yang menurutnya jauh lebih cantik dari dirinya. Rara sebenarnya memiliki keluarga yang harmonis, hubungan cinta yang baik dengan Dika, dan karir yang cukup gemilang, meski dengan kekurangan dari sisi penampilan. “Termasuk jumlah follower-nya yang banyak. Jadi, kami rasa lagu yang dibawakan dia akan memberikan warna tersendiri di film Imperfect.”

Fenomena ini sedikitnya menggambarkan isi cerita dari film terbaru Starvision, Imperfect. Imperfect sendiri merupakan film yang diadaptasi dari buku finest seller karya Meira Anastasia, istri dari Ernest Prakasa. “Di era media sosial ini, lebih mudah membandingkan diri kita dengan orang lain yang terlihat lebih sempurna. Dan akan lebih sering kena gempuran komentar-komentar negatif tentang fisik kita dari orang lain,” kata Meira, tentang karakter Rara. Ernest mengatakan, karya movie terbarunya itu bukan hanya sebuah produk yang dapat dinikmati penonton, melainkan sebuah gerakan untuk mengajak mengurangi perilaku bullying dan physique shaming.

Terlebih saat ia dipromosikan menjadi pemimpin di perusahaan tempatnya bekerja. Namun syaratnya, Rara harus menurunkan berat badannya dalam waktu satu bulan serta mengubah penampilannya.

Dalam kasus physique shaming, perempuan dipojokkan dan dibuat malu dengan tubuhnya sendiri. Tidak hanya ditujukan pada perempuan bertubuh besar dan kecil, tetapi juga yang bertubuh tinggi dan pendek, dan memiliki kulit gelap. “Selama ini cemas banget sama penampilan, padahal seharusnya nilai aku bukan dari penampilan saja, banyak hal yang lebih penting. Dengan terlibat di film ini mudah-mudahan bisa bisa bikin penonton lebih cinta dirinya sendiri,” kata Mila. Itu sebabnya dia tidak keberatan saat diminta menaikkan bobot hingga 10 kilogram untuk peran Rara.

Hal itu membekas pada diri Meira dan menjadi modal untuk berbagi hal-hal yang dia rasakan di akun instagramnya. Imperfect, awal mula Meira terpikir untuk berbagi materi tentang penerimaan diri saat melihat komentar salah satu orang di instagram suaminya, Ernest.

Pada akhirnya, dia juga memiliki sikap yang sama dengan mereka yang pernah mengejeknya. Ia pun juga lebih memilih menggunakan taksi alih-alih motor yang dibawa Dika ketika mengajar, walau akhirnya terlambat mengajari anak-anak jalanan. Ketika umur Rara 14 tahun, ayahnya tewas dalam kecelakaan di Tol Jagorawi. Ketika dewasa, Rara bekerja sebagai manajer riset di sebuah perusahaan kosmetik-Malathi yang dipimpin Kelvin . Di Malathi, perusahaan tempat ia bekerja, ia mendapatkan perilaku diskriminatif terkait dirinya yang bertubuh gemuk, termasuk Marsha dan dua kawannya,Irene dan Wiwid .

Ibunya bercerita ia mengorbankan kariernya sebagai model hanya agar melahirkan Rara dalam bentuk caesar, ia memperlihatkan bekas operasi vertikalnya. Rara mendapat kiriman dari Dika yaitu foto dirinya yang mengajar, mengisyaratkan permintaan maaf Dika yang sempat terlibat permasalahan dengannya. Rara akhirnya bahagia karena mendapat perhatian dari semua orang yang hadir di pesta.

Suatu hari dalam rapat perusahaan, Kelvin menyalahkan Rara karena kinerja buruk, lalu Rara jatuh pingsan. Ia dibawa ke IGD dan diperiksa dokter ternyata Rara kekurangan karbohidrat dan tekanan darah rendah efek samping food regimen nya. Setelah dari IGD Rara menemui Dika dan terjadi kesalahpahaman antara Rara dengan adiknya, Lulu, yang sedang melakukan pemotretan bersama dengan Dika.

Namun selain ia tak percaya diri, banyak temannya yang tak mendukungnya atau bahkan mengejeknya karena permasalahan berat badannya dan bentuk tubuhnya yang menurut mereka tidak pantas menduduki posisi yang lebih di kantornya. Ia mulai bekerja keras untuk menurunkan berat badan agar memiliki tubuh yang best dengan cara nge-fitness center dan minum jus buah dan sayur secara rutin setiap harinya.

Fey , sahabatnya selalu ada untuk Rara dan berusaha memberikan motivasi pada Rara untuk bisa melawan bully. Adapula Dika kekasih Rara yang tak malu berpacaran dengan perempuan bertubuh gemuk.

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan Mengajak Untuk Mencintai Diri Sendiri Film Liburan Keluarga Akhir Tahun 2019

FIlm Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan

Akhirnya usaha Rara untuk menurunkan berat badannya selama satu bulan penuh tidak sia-sia karena Rara berhasil menjadi seorang wanita pada umumnya yang cantik dan mempunyai penampilan yang menarik. Semoga siapapun yang datang ke bioskop untuk menonton film ini, bisa bertanya pada diri sendiri, apakah aku sudah menerima dan lebih mencintai diriku sendiri?

Namun poin utamanya akan tetap sama, penerimaan diri dan mencintai diri sendiri. Selalu mendapat perlakukan diskriminatif, termasuk di tempat kerjanya membuat Rara merasa insecure.

Rara bertubuh gendut dan berkulit legam warisan gen sang ayah, Hendro , sementara Lulu begitu langsing dan berkulit putih mulus mengikuti gen ibu mereka. Sebenarnya sejak penulisan, saya dan partner menulis saya Meira Anastasia sudah merasakan bahwa skenario kali ini bebannya memang lebih berat. Ada isu besar yang kami panggul, dan perspektif yang kami pilih sangatlah krusial. Tapi dengan segala resiko yang ada, kami tetap melangkah maju dengan berbekal keyakinan bahwa pesan ini sangat penting untuk disampaikan. Saya percaya betul bahwa supaya bisa berkembang, kita harus terus-menerus menantang diri kita, menguji batas kemampuan sampai titik nadir.

Ditambah, karena fisiknya, dia sering terkena perisakan verbal dari orang lain. Untungnya, Jessica Mila berhasil tampilkan tokoh Rara sebagai tempat para cewek untuk bercermin untuk menemukan versi terbaik dari dirinya sendiri. Selain harus menaikkan berat tubuhnya hingga 10 kilogram, Mila juga harus melewati proses make-up selama dua jam setiap harinya untuk menghadirkan sosok Rara seperti yang ada di film. Kerja keras Mila terbukti sukses saat teaser poster dan teaser trailer diluncurkan dan mengundang komentar positif dari para netizen.

Proses syuting dimulai pada 28 Juli 2019 di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Soal pembagian dua fase, Jessica Mila dituntut menaikkan berat badan sebanyak 10 kilogram. Dia diberi waktu satu bulan untuk melakukan perubahan drastis pada tubuhnya. Ibu Kelvin-Melinda mendatangi perusahaan Kelvin dan menyebut perusahaan tersebut masih belum berhasil mengatasi keadaan.

FIlm Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan

Related Articles

Check Also
Close
  • Film
Back to top button