Film Barat

Film

Apa yang Lady Bird inginkan selalu bertentangan dengan apa yang sang ibu mau. Meski Christine sering berdebat dengan ibunya, Marion, saya justru menilai bahwa itu lucu dan menunjukkan hubungan romantis mereka. Dialog-dialog adu mulut mereka justru menunjukkan jika keduanya perhatian terhadap masing-masing. Keromantisan rasa sayang dan cinta tidak hanya harus diekspresikan dengan sesuatu yang hangat atau intim.

Resensi Film Lady Bird

Sebagai sutradara Lady Bird, Greta telah menuangkan segenap hatinya dengan sentuhan talent dan kreativitas untuk menghasilkan film debut yang membuat namanya langsung masuk dalam jajaran sutradara berbakat. Sentuhan pribadi tersebut telah menghasilkan karya dengan nilai relevansi tinggi yang mampu menjangkau hati banyak penonton. Lady Bird juga telah memenangkan dua penghargaan Golden Globes untuk kategori Best Motion Picture – Musical or Comedy dan Best Actress untuk penampilan Saoirse Ronan sebagai pemeran utama. Lantas apa yang membuat Lady Bird istimewa hingga layak masuk nominasi Oscar? Kuncinya terletak pada penggarapan sutradara sekaligus penulis Greta Gerwig.

Resensi Film Lady Bird

Kotak Kosong

Masalah keuangan yang dialami oleh keluarga membuat keinginannya ini tidak didukung oleh ibunya, Marion McPherson. Lady Bird (imdb.com)Sebagai remaja yang sedang duduk di bangku kelas three SMA, Lady Bird merasa jenuh dengan kehidupannya yang monoton. Lady Bird menjadi film pertama Greta Gerwig sebagai sutradara sekaligus penulis skenario. Namun, lo juga harus bijak menjalani kehidupan dengan mau mendengar apa yang baik dari orangtua dan juga sahabat lo. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki ranking 99%, berdasarkan 328 ulasan, dengan ranking rata-rata 8,7/10.

Lady Bird merupakan nama kecil yang diciptakan Christine McPherson karena dia tidak begitu menyukai nama aslinya. Dia harus menerima kenyataan bahwa orangtuanya harus pindah ke Sacramento, California, dan bersekolah di sekolah Katolik, satu-satunya sekolah yang bisa dijangkau orangtuanya. Gerwig yang mengaku bahwa cerita ini adalah cerita dirinya dan hubungannya dengan kota Sacramento kini menjadi seorang sutradara papan atas hanya melalui movie debutnya.

Marion belum siap ditinggal Christine yang ingin pindah jauh ke New York. Sang ibu bersikeras agar anak gadisnya itu kuliah di UC Davis yang jaraknya hanya selemparan batu dari Sacramento. Christine tengah mengalami kegelisahan dan menginginkan kebebasan.

Ini berarti mayoritas kritikus sepakat film debut Gerwig ini sangat layak disaksikan. Sebagian besar mereka mengarahkan pujian kepada skenario dan penyutradaraan Gerwig serta penampilan Ronan dan Metcalf. FYI, Lady Bird merupakan semiautobiografi Gerwig dan debutnya sebagai sutradara.

Lady Bird juga telah memenangkan dua penghargaan Golden Globes untuk kategori Best Motion Picture – Musical or Comedy dan Best Actress untuk penampilan Saoirse Ronan sebagai pemeran utama. Film ini juga masuk nominasi Oscar 2018 untuk kategori, Best Picture, Best Actress, dan Best Supporting Actress. Normalnya di kultur Barat, anak-anak akan meninggalkan rumah orang tua dan memulai hidup mandiri begitu masuk kuliah.

Lady Bird menceritakan kehidupan remaja bernama Christine McPherson . CINEMA POETICA terbuka untuk kerjasama dengan berbagai individu, komunitas, kelompok studi, siapapun. Film-film mumblecore akrab dengan tokoh-tokoh perempuan, yang dalam kacamata patriarki, dianggap cerewet. Pakem penokohan perempuan cerewet ini umumnya dipadupadankan dengan tokoh-tokoh lelaki lemah, yang dalam prosesnya banyak menyindir dan mengolok stereotip gender. Begitu sederhana apa yang diceritakan Greta melalui “Lady Bird” tetapi bohong jika ketika Anda keluar bioskop dan tidak merasa konflik ini begitu dekat dengan hati Anda.

Greta Gerwig, sang sutradara, begitu apik mengemas “Lady Bird,” movie yang menceritakan bagaimana realita remaja dari Sacramento. Remaja biasa yang datang dari keluarga kalangan menengah dengan ragam masalah yang sepertinya biasa juga kita temui di kehidupan sehari-hari. Bahkan, movie ini mendapatkan nominasi dari berbagai ajang penghargaan, termasuk lima nominasi dari Academy Awards dan masuk ke dalam 10 film terbaik 2017 versi Time. Anak ingin “mencicipi” dunia, sementara orangtua masih merasa bertanggung jawab menjaga anaknya agar tak salah memilih jalan hidup. Lady Bird menjadi salah satu film yang mengangkat topik tersebut, menjabarkan hubungan love-hate antara orangtua dan anak.

Film ini menggambarkannya dengan sederhana, tetapi sangat bermakna. Academy Awards 2018 menominasikannya sebagai Skenario Orisinal Terbaik , selain empat nominasi lain untuk Sutradara Terbaik , Film Terbaik, Aktris Terbaik , dan Aktris Pendukung Terbaik .

Setiap realita yang diceritakan begitu nyata , karena ‘nyata’ adalah kata pertama yang saya pikirkan ketika selesai menonton salah satu Nominasi Film Terbaik Oscar tersebut. Pada sisi lain, Marion sudah cukup stress karena setiap hari harus bekerja keras sebagai perawat di departemen psikiatri. Kondisi ekonomi keluarga tengah morat-marit, suaminya baru di-PHK, dan cah lanangnya yang lulusan Berkeley belum juga mendapat pekerjaan layak.

Christine “Lady Bird” McPherson adalah seorang siswa senior di sebuah sekolah menengah atas Katolik di Sacramento pada tahun 2002. Ia memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan orang tuanya , dan berteman baik dengan Julianne “Julie” Steffans . Christine dan Julie mengikuti program teater di sekolah mereka, tempat Christine bertemu dengan seorang pemuda bernama Danny O’Neill .

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button