Film Korea

Film

I Can Speak (2017)

Film ini diangkat dari kisah nyata Lee Yong-Su salah satu korban yang bersaksi dalam dengar pendapat Dewan yang diadakan untuk keperluan pengambilan keputusan mengenai Resolusi Dewan 121. Film I Can Speak diangkat dari kisah nyata Lee Yong-Su salah satu korban yang bersaksi dalam dengar pendapat Dewan yang diadakan untuk keperluan pengambilan keputusan mengenai Resolusi Dewan 121.

Indonesia beruntung karena merdeka lebih dulu,namun soal pengembangan budaya dan ekonomi tentu saja kita harus belajar banyak dari mereka. Film “I Can Speak” dirilis September 2017,bercerita tentang seorang nenek bernama Na Ok-Boon yang tak bosan-bosannya datang dengan laporan pelanggaran disekitarnya ke sebuah kantor pengaduan. Tonton film ini dengan tissu dan makanan yang menenangkan seperti teh dan jeruk nipis hangat. Dia nenek yang tinggal di lingkungan pasar, punya toko dan ia biasa menjahit.

Ini memang drama tahun lalu sih, cuma Aku baru nonton hari ini. Pastinya udah banyak yang nge-evaluate juga, cuma rasanya senang aja gitu.

Sebagai penyuka drama komedi, mahasiswa jurusan Sastra Inggris, guru Bahasa Inggris, dan translator, saya terhibur dengan I Can Speak. Pertama, bidang minat saya dibahas jelas di artikel ini dan beberapa scene yang menunjukkan academics’ ache benar-benar relatable (mis. ketika ngetes murid, tapi muridnya nggak bisa-bisa atau ketika bikin bahan bantu ajar buat murid sampai begadang). Kedua, para pemain filmnya merupakan artis yang memang sangat berbakat dan kompeten di bidangnya sehingga si akting pun terasa pure dan lucu, tanpa dipaksakan.

I Can Speak (2017)

Ternyata, ada alasan kuat dan mengharukan di balik keinginan nenek 70 tahun ini belajar bahasa asing di usia lanjut. Saya bisa bilang I Can Speak dimulai seperti drama komedi ringan biasa, Komedi dan film untuk keluarga. Di sini mulai seru, karena nenek ini gigih banget supaya bisa bahasa inggis. Usut punya usut, nenek ingin berbicara dengan adik lelakinya yang diadopsi orang asing.

Untuk itu kita tidak semestinya mengabaikan orang-orang yang berani mengumpulkan kekuatannya untuk berbicara di hadapan publik tentang isu tersebut. Nenek Ok Boon setiap hari selalu mendatangi kantor Park Min Jae untuk membuat pengaduan atas kejadian-kejadian yang ditemui di sekitarnya. Pegawai lama yang sudah mengetahui kebiasaan si nenek banyak yang tidak mau menghadapi nenek Ok Boon dan menugaskan Min Jae untuk menerima seluruh komplain dari sang nenek.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan

Nenek Ok Boon memberikan pernyataan di Kongres Amerika tahun 2007 melalui HR121 dengan kesaksian dan pesan yang menyentuh serta mengharukan. Saya yang cengeng pun ikut terbawa suasana hingga mengeluarkan air mata. Film produksi Lotte Entertainment yang dirilis tanggal 21 September 2017 telah menduduki puncak field workplace Korea Selatan hanya dalam dua hari setelah penayangannya.

I Can Speak (2017)

Related Articles

Back to top button