Film Korea

15 Film Horor Korea Yang Bakal Memaksa Kamu Untuk Mengunci Pintu Rapat

Ada banyak movie berkualitas yang dirilis oleh negara-negara lainnya, salah satunya film-film dari Korea Selatan. Selain terkenal dengan produk perawatan kecantikannya, juga sudah bukan rahasia umum lagi kalau Korea saat ini juga merupakan salah satu negara dengan produk-produk entertainment yang berkualitas. Maya diincar untuk menghilangkan kutukan yang telah melanda desa tersebut selama bertahun-tahun.

Film ini bercerita tentang seorang gadis yang baru pindah ke sekolah asrama “The Silenced” menemukan beberapa siswa lain menghilang secara tiba-tiba. Kisah bermula ketika para siswa pindahan memulai petualangan mereka untuk mengungkap misteri sekolah mereka serta murid-murid yang hilang. “Dia berkata, ‘Aku ingin menarik keluar sisi lain kamu menggunakan energi yang kamu tuangkan di atas panggung,”. Kala itu, karier HyunA di musik memang tengah melejit sebagai member 4Minutes. Maka tak heran jika HyunA lebih percaya diri dengan menyanyi ketimbang berakting di movie layar lebar sekelas The Wailing.

Filmnya berkisah tentang Hyeon-Su dan ibunya Yoon-He, seorang dokter praktisi operasi plastik. Sepintas judulnya enggak terlihat seperti movie horor, melainkan seperti kisah dongeng romantis. Tapi, jangan salah, movie ini bakal nawarin kengerian dengan berbagai adegan yang bisa bikin lo belingsatan sendiri. Walaupun di Indonesia sendiri perayaan Halloween enggak terlalu penting, enggak apa-apa, kok, kalau lo mau ngerasain sensasinya dengan nonton movie horor yang bikin parno.

Polisi malah mencurigai tumbuhan jamur aneh yang tumbuh di sekitar rumah. Penduduk mengatakan jika ini semua karena gangguan mistik dan kutukan dari pendatang baru. makanya gw jg nulis di atas si jepang itu menurut gw yang cupu ini adalah perwujudan dari setan “tengu”. tengu ini hobi nyulikin orang-orang, anak-anak dan pendeta, dukun atau monk kalau dalam agama budha.

Namun, anehnya satu persatu para gadis di sana mulai menghilang tanpa jejak. Hal itu pula yang memaksa Ju Ran dan temannya, Yeon Deok (Park So-dam), untuk menguak misteri gelap yang tersembunyi di sekolah asrama itu sebelum mereka sendiri ikut menghilang.

Seperti biasa saya suka iseng, karena sejatinya saya nggak suka film horror/sadis. Tapi entah kenapa ‘kebaruan’ dan posternya yang nggak lebay membuat saya tertarik untuk menontonnya. Saya pikir kalau sepuluh menit ditonton kurang pas bagi selera maka movie akan segera saya matikan dan diganti dengan movie yang lain.

Dirilis tahun 2016, The Wailing mendapatkan nilai tinggi di Rotten Tomatoes. Bahkan movie ini meraih banyak penghargaan dan dinobatkan sebagai film horor terbaik di tahun tersebut. Film ini menceritakan tentang pembantaian sebuah keluarga di sebuah desa bernama Gongseung. Cerita tentang keluarga difungsional memang menjadi latar menarik bagi sebuah film horror, tak terkecuali dalam film garapan Kim Jee-woon ini. Konflik antara saudara perempuan dan ibu tiri mereka kemudian diperparah dengan sosok penampakan hantu anak perempuan dan twist yang tidak disangka however so satisfying.

Meski ceritanya ‘tidak masuk akal’ karena soal hantu dan cenayang, tapi film ini digarap sedemikian rupa sehingga terasa sophiscated dan ‘sukar dilupakan’. Misterinya tersusun rapi dibalut warna dan gambar-gambar daerah pedesaan yang tenang tapi terasa dingin dan misterius. Oh iya, skenarionya sudah ditulis Joko lebih dari 10 tahun silam lho namun baru bisa diwujudkan tahun ini.

Hingga akhirnya menemukan sebuah desa terpencil di daerah Jawa Timur. Selain itu, sejumlah daerah di Jawa Timur lain juga menjadi lokasi syuting seperti Banyuwangi, Lumajang, Lumbang, dan Ijen. Film ini bercerita tentang perjalanan Maya yang mengajak sahabatnya bernama Dini datang ke desa guna mencari warisan.

‘Sekuel’ Film ‘Nkcthi’: Kale Minta Maaf Pada Awan, Aurora Tanggapi Sinis

Di kursi sutradara, terdapat Angga Dwimas Sasongko dan dibantu oleh Sheila Timothy, Tumpal Tampubolon dan Seno Gumira Adjidarma sebagai penulis. Rilis tahun 2015, film ini dibintangi oleh Park Bo Young, Park So Dam, dan lainnya. Film bergenre misteri ini memang tidak memunculkan penampakan yang menakutkan.

Related Articles

Back to top button